Langsung ke konten utama

Biology Fun Learning

Belajar Biologi dengan menyenangkan

Konnichiwa, ketemu lagi dengan saya di kampus impian. :v

Kalo manteman kemaren sempet penasaran, siapa aja kah mahasiswa2 jenius yang menghuni kampus imajiner ini, maka author stray cat akan memperkenalkan pada kalian semua.

Siap-siaappp….

Bayangkan orang keren intelektual dengan imajinasi kalian sendiri. karena author tidak bertanggung jawab. So, let me introduce my imajinary friend (yang semuanya anak2 jenius berbakat. Apalah daku yang Cuma kasta terendah dalam piramida ekologi di universitas ini :v)

1 Itsuki
Gender: male
Kewarganegaraan: jepang
Keterangan: anak jenius yang bahkan diminta gabung jadi mahasiswa Tokyo university, tapi dia milih ke Olympiad university soalnya diundang authornya :v (ya emang dia Cuma tokoh imajinasi)

2 Chang Chang / Xiao Chang
Gender: male
Kewarganegaraan: China
Keterangan: ni anak atlet tenis tapi nyasar ke Olympiad university karena pengen belajar anatomi manusia. Karena dia Cuma ambil kelas yang berbau anatomi manusia dan fisiologi manusia, jadi dia di luar sistem ranking kampus ini. (suka-suka dia lah)

Dah itu aja dulu, karena author stray cat lagi sibuk wkwkwkwkwkw…

Review lanjutan…

Perubahan Protrombin menjadi thrombin

Inget kemaren kita bahas mekanisme pembekuan darah? Nah sekarang kita bahas yang nomor 2 dulu tentang perubahan protrombin menjadi trombin.

Eh? Nomor 1 kemana?

Don’t worry be happy, nomor 1 yang ngebahas terbentuknya activator protrombin bakal dibahas belakangan. (gitu kata bukunya, aku jga nggak tau :v)

Jadi ceritanya, setelah terbentuk activator protrombin, kemudian si activator ini berkolaborasi sama ion Ca2+ mengubah protrombin jadi thrombin.
Terus thrombin menyebabkan polimerisasi fibrinogen (perbanyakan fibrinogen terus dirakit2) dan akhirnya jadi benang fibrin.

Kalo si activator protrombin ini lemot terbentuknya, maka reaksi-reaksi berikutnya juga bakal laammaaaa.

Trombosit juga berperan penting dalam mengubah protrombin menjadi thrombin, soalnya si trombosit ini berikatan dengan jaringan yang rusak dan trombosit itu punya banyak reseptor protrombin. Jadinya protrombin pun melekat ke reseptor ini.

Protrombin dan thrombin

Protrombin itu suatu protein yang ada di plasma darah, yang termasuk golongan alfa2-globulin. BMnya (berat molekul) 68.700 (gede ya). Normalnya protrombin 15 mg/dl di plasma darah.
Protrombin itu protein yang labil kayak anak millennial. Dia dapat pecah berkeping-keping menjadi senyawa yang kecil2 yaitu thrombin, BM trombi 33.700, setengahnya BM protrombin.
Protrombin dibuat di hati (liver ya atau hepar, bukan hati perasaan. Dasar labil). Jadi kalo hepar ini mengalami kerusakan, bisa jadi protrombin kurang dan mekanisme pembekuan juga terhambat.
Plus, vitamin K jugapenting buat mengaktivasi protrombin. Jadi harus tetep terpenuhi ya, kalau kekurangan vitamin K bisa bahaya. Kalau ada luka dan pendarahan susah berhentinya. (Oh, luka…perih di hati)

Okay, jadi gitu doang review hari ini yang bercampur dengan hal-hal gak jelas di dalamnya.
Ciao…

Chang Chang: nihao, aku Chang Chang. Nama lengkapku dirahasiakan (sebenarnya karena authornya nggak bisa cari nama aja). Aku ikut kelas fisiologi bareng stray cat. Tapi sekarang aku mau latian tenis dulu.. bay bay…

Stray cat: sensei, kenapa Chang Chang nggak nulis review?

Sensei: xiao chang udah ngumpulin review dari berjam-jam yang lalu! Kamu aja yang males -_-

-------Day 2, otsukaresama------

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIKUM BIOTEKNOLOGI

KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan laporan prakikum ini yang berjudul “Bioteknologi Konvensional Pembuatan Kue Donat”. Laporan praktikum ini berisikan mengenai pemanfaatan bioteknologi konvensional dalam bidang pangan yaitu dalam pembuatan kue donat, cara-cara pembuatan kue donat, dan referensi mengenai proses fermentasi oleh ragi. Kami me nyadari bahwa laporan praktikum ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan laporan praktikum ini. Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan laporan praktikum ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin. Tuban, 18 Februari 2014                                      Penulis BAB I PENDAHULUAN

20 Mei 2014

20 Mei 2014 Ini tahun kelulusan Ginko. Yuhuu. Lulus SMA itu berasa gimana gitu. Kebingungan-kebingungan makin banyak melanda, mau meneruskan dimana, rencana A, rencana B, rencana C mencuat-cuat di kepala. Jujur, ketika daftar SNMPTN saya sudah yakin diterima *pede. Tapi, pengalaman super bingung saya alami ketika daftar ulang dengan mengisi form online yang datanya memusingkan. Ini tanya ini, yang itu tanya itu. Lebih pusing lagi pergi ke kampusnya. Oke, itu karena memang saya buta arah. Entah mengapa saya sangat sulit untuk mengingat jalan, ingatan saya memang bukan tergolong kuat tapi tidak beruntungnya masalah mengingat jalan ini sangat merepotkan. dan ini mengapa saya sering kesasar. Setelah pusing dengan berkas-berkas daftar ulang, Ginko verifikasi keuangan tanggal 11 deh. Lhah, masalah lain menanti. UKT oh UKT… *bikin galau gelesotan di lantai.   Terlepas dari semua itu, malam hari saat Ginko pulang dari UNAIR, Ginko mendengar berita di televisi mengenai   mbak Raeni

Praktikum kimia unsur periode 3

       I.             JUDUL PRAKTIKUM  : UNSUR PERIODE KE-3     II.             TUJUAN PRAKTIKUM : Menyelidiki beberapa sifat unsure-unsur periode ke-3   III.             DASAR TEORI Unsur-unsur periode ketiga memiliki jumlah kulit elektron yang sama, yaitu tiga kulit. Akan tetapi konfigurasi elektron dari masing-masing unsur berbeda, hal ini akan menyebabkan sifat-sifat kimia yang berbeda. Dari kiri ke kanan unsur periode ketiga berturut-turut adalah natrium (Na), magnesium (Mg), aluminium (Al), silikon (Si), fosfor (P), belerang (S), klor (Cl) dan argon (Ar). Na, Mg, dan Al merupakan unsur logam, Si semilogam, P, S dan Cl nonlogam, Ar gas mulia.   Unsur Na Mg Al Si P S Cl Ar Nomor atom 11 12 13 14 15 16 17 18 Susunan elektron 2-8-1 2-8-2 2-8-3 2-8-4 2-8-5 2-8-6