Langsung ke konten utama

PIDATO


Nama: Ari Sofiyanti
Kelas: X-I/02
Meningkatkan dan Menjaga Kecerdasan Otak
Assalamualaikum wr. wb
Yang terhormat Ibu Etty Cahya Kesuma S.Pd selaku guru bahasa Indonesia SMAN 1 Tuban.
Teman-teman kelas X-I yang saya sayangi.
Pada kesempatan ini marilah senantiasa mengucap Alhamdulillah sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Yang melimpahkan rahmad dan hidayah bagi semua umat manusia dan mencurahkan kasih sayang-Nya kepada kita semua tanpa terkecuali.
Tidak lupa pula shalawat dan salam hendaknya selalu tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW. Yang menuntun kita menuju addinul Islam yang diridhoi oleh Allah SWT.
Masa-masa kehidupan selalu sekolah dipenuhi dengan berbagai peritiwa dan gejolak-gejolak dalam diri masing-masing siswa termasuk suatu hal yang disebut dengan tujuan berada di sekolah. Kebanyakan dari kita, termasuk saya sendiri sebagai siswa masih rancau bahkan mengabaikan makna dari tujuan sekolah. Padahal, Allah telah berfirman dengan jelas dalam Al quran bahwa Allah memerintahkan manusia untuk mencari ilmu bukan hanya ilmu agama melainkan ilmu pengetahuan duniawi lainnya pula. Siswa yang peduli akan kehidupan sekolahnya tentu berusaha dan belajar dengan giat. Bahkan ada pula yang membayar mahal untuk les privat demi mendapatkan ilmu. Hal-hal yang menarik bagi para siswa dimasa belajar mencari ilmu ini salah satunya adalah meningkatkan dan menjaga kecerdasan otak. Bagi seorang pelajar, mencari cara mengasah kemampuan berpikir adalah penting. Tentu saja karena hal ini memengaruhi nilai di sekolah, prestasi di sekolah, kesuksesan yang dikejar, dan untuk mengasah daya pikir agar tidak kehilangan ketajamannya. Berikut ini saya sampaikan beberapa cara yang dapat ditempuh untuk meningkatkan sekaligus menjaga kecerdasan otak.
1. MELATIH OTAK KIRI
Otak kiri kita bekerja untuk mengatur kemampuan dalam penalaran, bahasa, tulisan, logika dan berhitung. Daya ingat otak kiri bersifat jangka pendek (short term memory). Bila terjadi kerusakan pada otak kiri maka akan terjadi gangguan dalam hal fungsi berbicara, berbahasa dan matematika. Untuk mempertahankan kapasitas otak kiri, cobalah untuk mempelajari bahasa baru atau melakukan permainan puzzles.
2. MELATIH OTAK KANAN
Fungsi otak kanan adalah untuk menangani proses berpikir kreatif manusia. Otak kanan biasa diidentikkan tentang kreativitas, hayalan, bentuk atau ruang, emosi, musik dan warna. Daya ingat otak kanan bersifat panjang (long term memory). Cara kerjanya tidak terstruktur dan cenderung tidak memikirkan hal-hal yang terlalu mendetail. Bila terjadi kerusakan pada otak kanan misalnya pada penyakit stroke atau tumor otak, maka fungsi otak yang terganggu adalah kemampuan visual dan emosi. Untuk menjaga ketajaman otak kanan, berlatihlah bermain alat musik, bernyanyi atau membuat kerajinan tangan.




3. MELATIH OTAK KESELURUHAN
Belajar meditasi
Dengan melakukan meditasi, kita dapat mengurangi stres, mengatasi rasa cemas yang berlebihan, dan mengaktifkan pusat kontrol otak untuk kebahagiaan dan kepuasan.
4. Latih kemampuan Memori
Kita tentu masih ingat saat masih kecil, banyak hal yang harus kia hapalkan. Ketajaman ingatan kita akan meningkat jika kia selalu melatih kemampuan memori.
5. Bergabunglah dalam kegiatan sosial.
6. Membaca Al quran
Menurut hasil penelitian ternyata membaca Al Qur’an sehabis maghrib dan sesudah subuh itu dapat meningkatkan kecerdasan otak sampai 80%, karena di sana ada pergantian dari siang ke malam dan dari malam ke siang hari di samping itu ada tiga aktifitas sekaligus , membaca , melihat dan mendengar.
Dr. Al Qadhi, melalui penelitiannya yang panjang dan serius di Klinik Besar Florida Amerika Serikat, berhasil membuktikan hanya dengan mendengarkan bacaan ayat-ayat Alqur'an, seorang Muslim, baik mereka yang berbahasa Arab maupun bukan, dapat merasakan perubahan fisiologis yang sangat besar. Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang kuat ingatan atau hafalannya. Di antaranya, menyedikitkan makan, membiasakan melaksanakan ibadah salat malam, dan membaca Alquran sambil melihat kepada mushaf. Tak ada lagi bacaan yang dapat meningkatkan terhadap daya ingat dan memberikan ketenangan kepada seseorang kecuali membaca Alqur’an.
7. Shalat
Pada saat shalat terutama ketika sujud, darah akan dapat dengan mudah dipompa dan mengalir menuju otak sehingga suplai oksigen ke otak memadai.
8. Bermain lempar-tangkap, olahraga dan makan makanan yang bergizi

Melakukan hal-hal yang bermanfaat seperti penjelasan di atas dapat meningkatkan kecerdasan otak, kecerdasan emosi bahkan kecerdasan spiritual. Dengan demikian hal-hal tersebut menjadi sangat penting untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi seorang pelajar.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga kita senantiasa diberi kekuatan oleh Allah SWT untuk menjalankan kewajiban kita di bumi, begitu pula yang telah saya sampaikan agar dapat menjadi hal yang bermanfaat bagi kita semua. Saya memohon maaf apabila ada kesalahan dalam berucap, pula saya sampaikan terima kasih.

Wassalamualaikum wr. wb

Diunduh dari:  www.wordpress.com,
Pada tanggal: 1 Februari 2012

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIKUM BIOTEKNOLOGI

KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan laporan prakikum ini yang berjudul “Bioteknologi Konvensional Pembuatan Kue Donat”. Laporan praktikum ini berisikan mengenai pemanfaatan bioteknologi konvensional dalam bidang pangan yaitu dalam pembuatan kue donat, cara-cara pembuatan kue donat, dan referensi mengenai proses fermentasi oleh ragi. Kami me nyadari bahwa laporan praktikum ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan laporan praktikum ini. Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan laporan praktikum ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin. Tuban, 18 Februari 2014                                      Penulis BAB I PENDAHULUAN

20 Mei 2014

20 Mei 2014 Ini tahun kelulusan Ginko. Yuhuu. Lulus SMA itu berasa gimana gitu. Kebingungan-kebingungan makin banyak melanda, mau meneruskan dimana, rencana A, rencana B, rencana C mencuat-cuat di kepala. Jujur, ketika daftar SNMPTN saya sudah yakin diterima *pede. Tapi, pengalaman super bingung saya alami ketika daftar ulang dengan mengisi form online yang datanya memusingkan. Ini tanya ini, yang itu tanya itu. Lebih pusing lagi pergi ke kampusnya. Oke, itu karena memang saya buta arah. Entah mengapa saya sangat sulit untuk mengingat jalan, ingatan saya memang bukan tergolong kuat tapi tidak beruntungnya masalah mengingat jalan ini sangat merepotkan. dan ini mengapa saya sering kesasar. Setelah pusing dengan berkas-berkas daftar ulang, Ginko verifikasi keuangan tanggal 11 deh. Lhah, masalah lain menanti. UKT oh UKT… *bikin galau gelesotan di lantai.   Terlepas dari semua itu, malam hari saat Ginko pulang dari UNAIR, Ginko mendengar berita di televisi mengenai   mbak Raeni

Praktikum kimia unsur periode 3

       I.             JUDUL PRAKTIKUM  : UNSUR PERIODE KE-3     II.             TUJUAN PRAKTIKUM : Menyelidiki beberapa sifat unsure-unsur periode ke-3   III.             DASAR TEORI Unsur-unsur periode ketiga memiliki jumlah kulit elektron yang sama, yaitu tiga kulit. Akan tetapi konfigurasi elektron dari masing-masing unsur berbeda, hal ini akan menyebabkan sifat-sifat kimia yang berbeda. Dari kiri ke kanan unsur periode ketiga berturut-turut adalah natrium (Na), magnesium (Mg), aluminium (Al), silikon (Si), fosfor (P), belerang (S), klor (Cl) dan argon (Ar). Na, Mg, dan Al merupakan unsur logam, Si semilogam, P, S dan Cl nonlogam, Ar gas mulia.   Unsur Na Mg Al Si P S Cl Ar Nomor atom 11 12 13 14 15 16 17 18 Susunan elektron 2-8-1 2-8-2 2-8-3 2-8-4 2-8-5 2-8-6