Langsung ke konten utama

ADAPTASI IKAN BERGLOMERULUS DAN AGLOMERULUS

Postingan ini adalah hasil dari bongkar-bongkar file semester 5 daaaannn.... akhirnya menemukan jejak tugas fisiologi hewan bab homeostasis ginjal.

Ini dia adaptasi homeostasis ginjal ikan berglomerulus vs ginjal aglomerulus


Adaptasi ikan berglomerulus :
Ikan air tawar adalah ikan yang menghabiskan sebagian atau seluruh hidupnya di air tawar, seperti sungai dan danau, dengan salinitas kurang dari 0,05%. Dalam banyak hal, lingkungan air tawar berbeda dengan lingkungan perairan laut, dan yang paling membedakan adalah tingkat salinitasnya. Untuk bertahan di air tawar, ikan membutuhkan adaptasi fisiologis yang bertujuan menjaga keseimbangan konsentrasi ion dalam tubuh.

Empat puluh satu persen dari seluruh spesies ikan diketahui berada di air tawar. Hal ini karena spesiasi yang cepat yang menjadikan habitat yang terpencar menjadi mungkin untuk ditinggali.
Ikan air tawar berbeda secara fisiologis dengan ikan laut dalam beberapa aspek. Insang mereka harus mampu mendifusikan air sembari menjaga kadar garam dalam cairan tubuh secara simultan. Adaptasi pada bagian sisik ikan juga memainkan peran penting; ikan air tawar yang kehilangan banyak sisik akan mendapatkan kelebihan air yang berdifusi ke dalam kulit, dan dapat menyebabkan kematian pada ikan.

Karakteristik lainnya terkait ikan air tawar adalah ginjalnya yang berkembang dengan baik. Ginjal ikan air tawar berukuran besar karena banyak air yang melewatinya.
Banyak spesies bereproduksi di air tawar namun menghabiskan sebagian besar kehidupannya di laut. Mereka dikenal dengan nama ikan anadromous, meliputi salmon, trout, dan stickleback. Beberapa ikan, secara berlawanan, lahir di laut dan hidup di air tawar, misalnya belut.

Ikan teleostei yang hidup di air tawar cenderung bersifat hyperosmotik ke lingkungan mereka dan sebagai konsekuensinya, maka air masuk melalui mekanisme osmosis dan ketersediaan garam yang sedikit. Untuk mengatasi hal ini dengan difusi, NaCl yang rendah diganti dengan serapan aktif di insang dan surplus air diekskresikan oleh ginjal. Untuk menjaga air dan garam berada dalam keseimbangan, kebanyakan ikan air tawar memiliki nefron ginjal khas vertebrata yang mencakup glomerulus, tubulus proksimal, tubulus distal dancollecting duct; tubulus glomeruli dan distal yang sebagian besar bertanggung jawab untuk ekskresi air.

Spesies yang bermigrasi antara air laut dan air tawar membutuhkan adaptasi pada kedua lingkungan. Ketika berada di dalam air laut, mereka harus menjaga konsentrasi garam dalam tubuh mereka lebih rendah dari pada lingkungannya. Ketika berada di air tawar, mereka harus menjaga kadar garam berada di atas konsentrasi lingkungan sekitarnya. Banyak spesies yang menyelesaikan masalah ini dengan berasosiasi dengan habitat berbeda pada berbagai tahapan hidup. Belut, bangsa salmon, dan lamprey memiliki toleransi salinitas di berbagai tahap kehidupan mereka.


Adaptasi ikan aglomeruli:
Ikan yang hidup di air laut mempunyai tekanan osmosis lebih rendah dari tekanan osmosis air laut. Agar ikan tidak mati kekeringan karena air di dalam sel tubuh ikan akan tertarik oleh air laut maka ikan yang hidup di air laut banyak minum dan sedikit mengeluarkan urine, dan urine yang dikeluarkan pun pekat. Sedangkan kelebihan garam yang turut terminum akan dikeluarkan lagi ke dalam air laut melalui insang secara aktif, sedangkan Ikan yang hidup di air tawar mempunyai tekanan osmosis lebih tinggi dari tekanan osmosis air tawar, keadaan demikian menyebabkan air akan masuk secara osmosis ke dalam tubuh ikan. Supaya ikan tidak kelebihan air atau kembung maka cara adaptasi dengan sedikit minum air dan banyak mengeluarkan urine dan menggunakan insangnya secara aktif untuk mengikat garam yang terlarut dalam air.

Berbeda dengan hidup di air tawar, ikan teleostei di lingkungan laut dihadapkan dengan dilema yang berlawanan, air cenderung keluar dan kadar garam yang tinggi. Dalam lingkungan ini, glomeruli dan distal nefron, yang sesungguhnya berfungsi untuk memfasilitasi ekskresi air di lingkungan air tawar, menjadi beban di lingkungan air laut di mana air adalah sesuatu yang sangat penting dan premium. Dengan demikian, untuk bertahan hidup di air laut, pengurangan dan penghambatan glomerulus sampai batas tertentu menjadi penting bagi sebagian besar ikan teleostei, sebuah adaptasi ini mencapai puncaknya pada spesies sekitar 30 ikan yang bersifat aglomerular. Ikan aglomerular tidak hanya kekurangan glomeruli tetapi juga tubulus distal, dan hal ini secara dramatis mengurangi ekskresi air. Pembentukan urin oleh ginjal aglomerular terjadi terutama dari sekresi tubular zat terlarut dan limbah. Namun, meski adaptasi ini agak ekstrim, beberapa ikan aglomerular di laut mampu bertahan di lingkungan yang hipotonis  dan untuk  melakukannya, harus menjaga keseimbangan osmotik di air tawar tanpa mengeluarkan air dari ginjal glomerulus. 

Toadfish, Opsanus beta, merupakan ikan teleostei aglomerular ditemukan di lingkungan yang didominasi laut. Opsanus tau, adalah ikan euryhaline meskipun memiliki ginjal aglomeruli. Di laboratorium, aglomerular Opsanus tau bisa bertahan hidup hanya beberapa minggu di air tawar tetapi selama berbulan-bulan di 10% air laut dan melakukannya dengan meningkatkan ekskresi ginjal dari Na +, Cl - dan SO4 2-, mengakibatkan peningkatan pada aliran urin rate dan penurunan osmolalitas plasma. Namun, ekskresi zat terlarut ini dari ginjal berkontribusi pada hilangnya Na + dan Cl - untuk lingkungan yang sudah kehilangan ion. Untuk memulihkan zat terlarut tersebut, serapan NaCl di insang dan serapan diet garam harus terjadi di usus. Namun, mungkin ada faktor-faktor yang sampai saat ini telah diabaikan yang berpotensi memungkinkan beberapa toadfish aglomerular untuk bertahan hidup dalam lingkungan yang encer lebih baik daripada yang lain. Salah satu faktor adalah usus, yang tidak hanya berperan dalam diet garam dan serapan hara tetapi terlibat langsung dalam osmoregulasi ikan dalam garam dan hypersaline lingkungan. Namun, usus juga dapat memainkan peran penting dalam osmoregulasi dari teleostei aglomerular dalam lingkungan yang encer. Bukti terbaru menunjukkan bahwa  usus teleostei  mampu mensekresi cairan yang dapat membantu keseimbangan air dalam ikan aglomerular di lingkungan salinitas rendah.

Ginjal Algomerular adalah ginjal yang kekurangan glomeruli telah berevolusi secara mandiri di sejumlah kelompok famili ikan laut yang berbeda. Beberapa kelompok memiliki glomerulus dan sebagian aglomerular, beberapa kelompok memiliki glomerulus ketika berada di air tawar dan dengan migrasi ke laut menjadi  beradaptasi aglomerular, dan ada juga yang aglomerular sepanjang waktu selama hidupnya. Anggota kelompok ini termasuk kuda laut dan pipefish.

Pada kuda laut, ekskresi kuda laut berbeda dari vertebrata lain bahwa mereka tidak memiliki glomerulus. Glomerulus kurang optimal dalam penyaringan limbah mereka. Dengan mengurangi filtrasi adalah cara untuk kuda laut kembali menjadi hypoosmotic dari air laut. Karena mereka hypoosmotic mereka harus minum air laut untuk tetap terhidrasi. Mereka mengeluarkan ion natrium dan klorida melalui insang mereka, tetapi mereka harus mengeluarkan ion-ion divalen magnesium dan sulfat dalam urin mereka. Untuk menghindari energi besar yang dibutuhkan untuk menyerap kembali ion-ion, maka kuda laut memiliki ginjal aglomeruli.

Pada ikan yang hidup di benua antartika, mereka menghindari kebekuan karena mempunyai glikoprotein antibeku dan berat molekul dari glikoprotein ini adalah beberapa ribu hingga 30.000. Akan tetapi glomerulus dapat meloloskan protein dengan ukuran hingga 70.000, sehingga glikoprotein antibeku dapat hilang karena filtrasi dari ginjal. Oleh karena itu adaptasi ginjal aglomerular dikembangkan oleh ikan-ikan di kutub selatan ini.

Kelebihan :
Kelebihan adaptasi ginjal berglomerulus maupun ginjal aglomerular akan lebih menguntungkan tergantung dari keadaan lingkungan tempat habitat dari hewan-hewan tersebut. Pada ikan yang hidup di air tawar telah mengembangkan adaptasi untuk menjaga homeostasis tubuh sehingga tidak terjadi kerusakan sel ketika berada di lingkungan yang encer. Ginjal berglomerulus akan lebih menguntungkan sebagai alat filtrasi bagi ikan-ikan air tawar.



Berbeda halnya dengan ikan yang hidup di lingkungan air tawar dengan air laut yang memiliki kadar garam dan ion tinggi, maka hewan-hewan ini pun mengembangkan adaptasi yang paling menguntungkan untuk hemeostasis tubuh mereka. Ginjal aglomerular menjadi amat penting untuk menghindari sejumlah kerugian seperti menghindari kehilangan energy yang besar untuk menyerap kembali ion-ion yang hilang dan menghindari hilangnya glikoprotein antibeku yang sangat penting.

*maafkan dengan translasi yang acak-acakan dan sumbernya.... emm... lupa ini mengutip dari mana 😁😅

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIKUM BIOTEKNOLOGI

KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan laporan prakikum ini yang berjudul “Bioteknologi Konvensional Pembuatan Kue Donat”. Laporan praktikum ini berisikan mengenai pemanfaatan bioteknologi konvensional dalam bidang pangan yaitu dalam pembuatan kue donat, cara-cara pembuatan kue donat, dan referensi mengenai proses fermentasi oleh ragi. Kami me nyadari bahwa laporan praktikum ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan laporan praktikum ini. Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan laporan praktikum ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin. Tuban, 18 Februari 2014                                      Penulis BAB I PENDAHULUAN

20 Mei 2014

20 Mei 2014 Ini tahun kelulusan Ginko. Yuhuu. Lulus SMA itu berasa gimana gitu. Kebingungan-kebingungan makin banyak melanda, mau meneruskan dimana, rencana A, rencana B, rencana C mencuat-cuat di kepala. Jujur, ketika daftar SNMPTN saya sudah yakin diterima *pede. Tapi, pengalaman super bingung saya alami ketika daftar ulang dengan mengisi form online yang datanya memusingkan. Ini tanya ini, yang itu tanya itu. Lebih pusing lagi pergi ke kampusnya. Oke, itu karena memang saya buta arah. Entah mengapa saya sangat sulit untuk mengingat jalan, ingatan saya memang bukan tergolong kuat tapi tidak beruntungnya masalah mengingat jalan ini sangat merepotkan. dan ini mengapa saya sering kesasar. Setelah pusing dengan berkas-berkas daftar ulang, Ginko verifikasi keuangan tanggal 11 deh. Lhah, masalah lain menanti. UKT oh UKT… *bikin galau gelesotan di lantai.   Terlepas dari semua itu, malam hari saat Ginko pulang dari UNAIR, Ginko mendengar berita di televisi mengenai   mbak Raeni

Praktikum kimia unsur periode 3

       I.             JUDUL PRAKTIKUM  : UNSUR PERIODE KE-3     II.             TUJUAN PRAKTIKUM : Menyelidiki beberapa sifat unsure-unsur periode ke-3   III.             DASAR TEORI Unsur-unsur periode ketiga memiliki jumlah kulit elektron yang sama, yaitu tiga kulit. Akan tetapi konfigurasi elektron dari masing-masing unsur berbeda, hal ini akan menyebabkan sifat-sifat kimia yang berbeda. Dari kiri ke kanan unsur periode ketiga berturut-turut adalah natrium (Na), magnesium (Mg), aluminium (Al), silikon (Si), fosfor (P), belerang (S), klor (Cl) dan argon (Ar). Na, Mg, dan Al merupakan unsur logam, Si semilogam, P, S dan Cl nonlogam, Ar gas mulia.   Unsur Na Mg Al Si P S Cl Ar Nomor atom 11 12 13 14 15 16 17 18 Susunan elektron 2-8-1 2-8-2 2-8-3 2-8-4 2-8-5 2-8-6