Langsung ke konten utama

Biology Fun Learning

Belajar biologi dengan menyenangkan

My Olympiad University

Satu lagi harta terpendam di dalam laptop yang entah kapan akan terungkap!

Hello world! Konnichiwa. Seperti halnya little busters yang menciptakan dunianya sendiri, kali ini saya si stray cat bakal bikin sekolah. Buat saya sendiri.

Yes, its so strange. Karena saya yang akan jadi Sensei, juga jadi muridnya. (what are you talking about?)

Stray cat: Jadi, sensei, kenapa kita pakai 3 bahasa?

Sensei: nggak papa. I just mix them together, it makes me comfortable. Gakkoi ka?

So guys, this is my master plan. Aku akan bikin sekolah imajinasi. Bayangkan saja saya masuk university lagi. kuliah lagi. daaann aku sendiri yang bikin kurikulumnya, nyiapin tesnya, jadi gurunya dan jadi muridnya. (Sounds crazy).

Aku namakan sekolah ini “Olympiad University” dengan membayangkan fasilitas2 mewah yang belum pernah saya temui. Dan walaupun saya hanya gumpalan debunya anak-anak olimp, but its okay.

Stray cat: what will we learn sensei?

Sensei: our major is biology and Maybe a little chemist

Stray cat: when will we start? (I think it will ended soon, since I always doing random thing and never finish it)

Sensei: we will start today, dou?

Stray cat: Apanya yang start hari ini, kurikulum saja belum jelas.

Alright, kita bisa mulai dengan membaca Guyton and Hall textbook lalu membuat review (jangan lupa cari soal onmipa, sudah lama tak jumpa mereka). Jadi, persiapkan dirimu! Bersainglah dengan anak2 jenius di Olympiad University!

Stray cat: anak2 jenius itu maksudnya siapaaa????


Review aku 
Sore ini akhirnya saya si stray cat mencoba belajar dan meneruskan membaca Guyton and Hall yang kusayangi tapi lama tak khatam-khatam. Karena sebenarnya saya sudah mulai membacanya entah berbulan-bulan yang lalu, dan baca yang pengen tak baca saja, jadi sekarang saya review pembahasan:

Mekanisme Pembekuan Darah

Hemmm…menarik juga. Maasya Allah emang ciptaan Allah gak bisa kita bayangkan luar biasa tertata sistemnya.

Jadi, darah kita itu kalo dalam keadaan normal kan bersirkulasi dengan lancar. Tapi yang bikin heran padahal dalam darah kita itu ada 2 macam zat penting yang namanya antikoagulan dan prokoagulan yang bekerjanya berlawanan. Kalo antikoagulan berarti mencegah pembekuan, kalau prokoagulan berarti zat yang mempermudah atau mendukung pembekuan.

Nah, jadi gimana si prokagulan tidak menyebabkan koagulasi padahal dia juga sama2 ada di dalam darah?

Ternyata bergantung pada keseimbangan antara dua golongan zat ini, gaess. Kalo pas kita normal, sehat2 aja dan nggak teriris pisau ya berarti si antikoagulan lebih dominan. Nah pas ada pisau tiba2 mengiris jari kita, kan pembuluh darah kita rupture tuh alias rusak, si prokoagulan itu jadi triggered! Atau bahasa kerennya teraktivasi dan lebih dominan aktivitasnya daripada antikoagulan. Akhirnya darah pun membeku.

See? Sangat menarik.

Balik pas jaman SMP, kita diajari bagan mekanisme pembekuan atau koagulasi darah. Okay, di sini kayaknya bakal dijelasin lebih detail.

Tiga tahap utama: (1) pembuluh darah rupture, terus terjadi serangkaian reaksi kimiawi kompleks dengan bantuan berbagai macam faktor pembekuan. Akhirnya terbentuklah activator protrombin. (2) activator protrombin yang keren ini mengkatalisis perubahan protrombin menjadi thrombin. (3) thrombin mengubah fibrinogen menjadi fibrin. Si fibrin ini merangkai trombosit, sel darah dan plasma membentuk bouket bunga, eh maksudnya membentuk bekuan darah.

*komentar Itsuki (si anak jenius dari japan): Sensei, si baka neko ini review pakai bahasa slang

Sensei: apaa??? Sini aku kasih kamu nilai E!

Stray cat: nande?? Doushitee??? 😫

---Day 1, otsukare---

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIKUM BIOTEKNOLOGI

KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan laporan prakikum ini yang berjudul “Bioteknologi Konvensional Pembuatan Kue Donat”. Laporan praktikum ini berisikan mengenai pemanfaatan bioteknologi konvensional dalam bidang pangan yaitu dalam pembuatan kue donat, cara-cara pembuatan kue donat, dan referensi mengenai proses fermentasi oleh ragi. Kami me nyadari bahwa laporan praktikum ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan laporan praktikum ini. Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan laporan praktikum ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin. Tuban, 18 Februari 2014                                      Penulis BAB I PENDAHULUAN

20 Mei 2014

20 Mei 2014 Ini tahun kelulusan Ginko. Yuhuu. Lulus SMA itu berasa gimana gitu. Kebingungan-kebingungan makin banyak melanda, mau meneruskan dimana, rencana A, rencana B, rencana C mencuat-cuat di kepala. Jujur, ketika daftar SNMPTN saya sudah yakin diterima *pede. Tapi, pengalaman super bingung saya alami ketika daftar ulang dengan mengisi form online yang datanya memusingkan. Ini tanya ini, yang itu tanya itu. Lebih pusing lagi pergi ke kampusnya. Oke, itu karena memang saya buta arah. Entah mengapa saya sangat sulit untuk mengingat jalan, ingatan saya memang bukan tergolong kuat tapi tidak beruntungnya masalah mengingat jalan ini sangat merepotkan. dan ini mengapa saya sering kesasar. Setelah pusing dengan berkas-berkas daftar ulang, Ginko verifikasi keuangan tanggal 11 deh. Lhah, masalah lain menanti. UKT oh UKT… *bikin galau gelesotan di lantai.   Terlepas dari semua itu, malam hari saat Ginko pulang dari UNAIR, Ginko mendengar berita di televisi mengenai   mbak Raeni

Praktikum kimia unsur periode 3

       I.             JUDUL PRAKTIKUM  : UNSUR PERIODE KE-3     II.             TUJUAN PRAKTIKUM : Menyelidiki beberapa sifat unsure-unsur periode ke-3   III.             DASAR TEORI Unsur-unsur periode ketiga memiliki jumlah kulit elektron yang sama, yaitu tiga kulit. Akan tetapi konfigurasi elektron dari masing-masing unsur berbeda, hal ini akan menyebabkan sifat-sifat kimia yang berbeda. Dari kiri ke kanan unsur periode ketiga berturut-turut adalah natrium (Na), magnesium (Mg), aluminium (Al), silikon (Si), fosfor (P), belerang (S), klor (Cl) dan argon (Ar). Na, Mg, dan Al merupakan unsur logam, Si semilogam, P, S dan Cl nonlogam, Ar gas mulia.   Unsur Na Mg Al Si P S Cl Ar Nomor atom 11 12 13 14 15 16 17 18 Susunan elektron 2-8-1 2-8-2 2-8-3 2-8-4 2-8-5 2-8-6